Rabu, 06 Februari 2008

bio data


Nama: Drs. M. Syakur Sf., M.Ag.

Alamat: Pontren Darus Sa'adah Ngembalrejo Kudus 59322

Status: Mahasiswa Program S3 (Tafsir-Hadits) IAIN Sunan Ampel Surabaya

Pekerjaan: Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang

Jabatan: Dekan FAI (sejak April 2004)


Aku terlahir di Demak Jawa Tengah dari kedua orangtuaku Sapar ibn Hasan Saddani dan Nurchamah binti Musytari pada tanggal 28 Mei 1965. Setelah lulus dari MA NU Raudlatul Mu’allimin Wedung Demak (lulus: 1986) ia menyelesaikan studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang (lulus: 1993) dan Program Pasca Sarjana (PPS) dengan konsentrasi Pemikiran Pendidikan Islam di lembaga yang sama (lulus: 2004, dengan Predikat Sangat Memuaskan). Ia pernah nyantri di Pontren AL-IBRIEZ (Pengasuh: K.A. Chamdan Manshur) di Desa Serangan Bonang Demak dan Pontren Raudlatus Salikin (Pengasuh: K.H. Ali Mukarrom) Buko Wedung Demak.
Kegiatan:
1984-1985: Ketua OSIS MANU; 1989-1990: Ketua Lembaga Perotakan (LPo) Fakultas Tarbiyah; 1990-1991: Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (BPMF), Staf Redaksi Majalah CITRA, anggota Dewan Redaksi majalah Edukasi; 2000-2002: Kabag Akademik & Kemahasiswaan UWH; 2002-2005: Ka Program Studi PAI Fakultas Agama Islam UWH; 2003-2005: Kepala Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu-Ilmu Ke-Islaman (PKPI2) FAI-UWH dan Pemimpin Redaksi majalah PEI; sejak Maret 2005: Dekan Fakultas Agama Islam UWH, dan Direktur Eksekutif MPEC Institute.
Kerja:
1995-1999: mengajar di Institut Islam Walisembilan Semarang (IIWS) dan Institut Ilmu-Ilmu al-Qur`ân (IIQ); 1999-2001: mengajar di Sekolah Tinggi Agama Islam Walisembilan Semarang,; 2000-kini: mengajar di Universitas Wahid Hasyim Semarang; aktif dalam banyak forum ilmiah.
Karya:
Permata Ilmu Nahwu (Solo: Ramadhani, 1989), Kamus Arab-Indonesia (Solo: Ramadhani, 1990), Wazan-Wazan Jama’ Taksir (Kudus: Mawar, 1999), ‘Ulum al-Qur`ân (Semarang: PKPI2, 2001), Pengajaran Bahasa Arab (Semarang: PKPI2, 2002), Pendidikan Agama Islam untuk SMU (Solo: Cempaka Putih, 1994), Pendidikan Agama Islam untuk SMA (Solo: Cempaka Putih, 2004), Aspek Pendidikan dalam Kisah al-Khadlir (Tesis, 2004), Musa-Al-Khadlir: Membongkar Mitos-Mitos Murid-Guru (kini di hadapan pembaca), Tahlil dan Pemberdayaan Ummat, dan banyak Buku Ajar yang ditulis.

10 komentar:

CH mengatakan...

lumayan bagus,
semoga dapat ditiru oleh teman-teman

ch

Khoirudin-farid mengatakan...

Alhamdulillah akhirny ketemu juga blognya pak syakur setelah cari2 d google. Salam ta'dhim pak, saya salah satu mahasiswa FAI PAI Unwahas kelas PK pak, oy saya juga aslinya anak wedung. Klo boleh usul via bapak, kenapa unwahas gak punya website atau blog sendiri pak? Kan lebih enak kalau cari info atau cari solusi tentang seputar perkuliahan unwahas, betul g pak?! Akhirul kalam mohon maaf y pak, oy boleh minta alamat emailnya pak, email saya di tsuroyya@gmail.com. Swun

joke mengatakan...

assalamu'alaikum

Unknown mengatakan...

asalamualaikum , pak,, aq juga mahasiswa, fai, pai, salam, hangat,semangat aja deh,,, moga ilmu yang udah diberikan , dari dosen,pada mahasiswa , bermanfaat,,,

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum... apa pak syakur masih ingat sama keluarga besar kyai(KH.ALI MUKARROM)?

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum... apa pak syakur masih ingat sama keluarga besar kyai(KH.ALI MUKARROM)?

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum... apa pak syakur masih ingat sama keluarga besar kyai(KH.ALI MUKARROM)?

Syakur Mahlail mengatakan...

Website Unwahas ya www.unwahas.ac.id

Syakur Mahlail mengatakan...

آمين
بارك الله لنا في علومكم

Syakur Mahlail mengatakan...

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته
Njih, masih. Saya sekarang Sekretaris Ikatan Alumni MTs MA Raum